Group Support System & Expert System

Definisi Group Support System

Group Support System adalah satu lingkungan berbasis teknologi informasi yang mendukung pertemuan grup, yang didistribusikan secara geografis dan tak permanen. Lingkungan teknologi informasi termasuk, tapi tak terbatas pada, fasilitas terdistribusi, hardware dan software computer, teknologi audio dan video, prosedur, metodologi, bantuan-bantuan, dan grup data teraplikasi.

Tugas grup (Grup tasks) termasuk, tapi tak terbatas pada komunikasi, perencanaan, peneluran ide, penyelesaian masalah, diskusi isu, negosiasi, penyelesaian konflik, analisis dan desain system, dan aktivitas grup bersama-sama seperti persiapan dokumen dan sharing (saling berbagi). GSS mendukung banyak task / tugas lebih dari sekedar pengambilan keputusan, ia berfokus pada proses-proses yang digunakan oleh kelompok kerja.

goupsupportsystem

 

Tujuan GDSS :

Secara umum tujuan dari GDSS adalah untuk Meningkatkan produktifitas dari rapat pengambilan keputusan,baik dengan mempercepat proses pengambilan keputusan ataupun dengan meningkatkan kualitas dari keputusan yang dihassilkan atau keduanya.Hal ini dapat terwujud dengan menyediakan dukungan terhadap pertukaran ide-ide,opini,dan pilihan-pilihan di dalam kelompok.

Kelebihan Grup Support System :

1.      Grup lebih memahami masalah dari pada individu

2.      Grup lebih cepat menangkap kesalahan yang terjadi dari pada individu.

3.      Grup memiliki lebih bnayka informasi

4.      Sinergi dapat dihasilkan

Kekurangan Group Support System :

1.      Tekanan sosial agar selalu menyesuaikan diri

2.      Menghabiskan waktu,prosesnya lambat.

3.      Keterbatasan koordinasi,perencanaan pertemuan yang jelek.

4.      Kecendrungan anggota untuk mengandalkan saja yang lain dalam mengerjakan tugas.

 

Expert System

Definisi :

  • Secara umum ES adalah system yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke computer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli.
  • ES tidak untuk menggantikan kedudukan seorang pakar tetapi untuk memasyaratkan pengetahuan dan pengalaman pakar tersebut.
  • ES dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI tahun 1960an. ES yang pertama adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon.

Keuntungan ES :

  1. Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
  2. bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis
  3. menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
  4. meningkatkan output dan produktivitas
  5. meningkatkan kualitas
  6. mampu mengambil dan melestarikankeahlian para pakar
  7. mampu beroperasi dalam lingkungan berbahaya
  8. memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan
  9. memiliki realibilitas
  10. meningkatkan kapabilitas system computer
  11. memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian
  12. sebagai media pelengkap dalam pelatihan
  13. meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian masalah
  14. menghemat waktu dalam pengambilan keputusan

Kelemahan :

  1. biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal
  2. sulit dikembangkan. Hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar dalam bidangnya
  3. system pakar tidak 100% bernilai benar.

Bentuk ES :

  1. Berdiri sendiri. Sistem jenis ini merupakan s/w yang berdiri sendir tidak tergabung dengan s/w lain.
  2. Tergabung. Sisetm ini merupakan bagian program yang terkandung di dalam suatu algoritma (konvensional) .
  3. Menghubungkan ke s/w lain. Bentuk ini biasanya merupakan ES yang menghubungkan ke suatu paket program tertentu, misalnya DBMS.
  4. Sistem mengabdi. Sistem ini merupakan bagian dari computer khusus yang dihubungkan dengan suatu fungsi tertentu.

Elemen ES

  • User interface (antarmuka) : mekanisme komunikasi antara user dan ES
  • Explanation facility (subsistem Penjelasan) : digunakan untuk melacak respon dan memberikan penjelasan tentang kelakuan sistem pakar secara interaktif
  • Working memory : database global dari fakta yang digunakan dalam prosedur
  • Agenda : daftar prioritas prosedur yang dibuat oleh motor inferensi dan direkam dalam working memory
  • Inference engine (motor inferensi) : program yang berisi metodologi yang digunakan untuk melakukan penalaran terhadap informasi-informasi dalam basis pengetahuan untuk memformulasikan konklusi.
  • Knowledge acquisiton facility : berisi pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami, memformulasikan dan menyelesaikan masalah.

Struktur ES

struktur_es

 

Sistem pakar mempunyai ciri-ciri  :

  •  Mudah dimodifikasi, yaitu dengan menambah atau menghapus suatu kemampuan dari basis pengetahuannya.
  • Memiliki informasi yang handal, baik dalam menampilkan langkah-langkah antara maupun dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang proses penyelesaian.
  • Heuristik dalam menggunalan pengetahuan (yang sering kali tidak sempurna) untuk mendapatkan penyelesaiannya.
  • Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer [Arhami, 2004].

Leave a comment